Menangani Kaki Diabetes

Bagaimana cara menangani masalah kaki pada diabetes?

Menangani Kaki Diabetes prioritas pertama untuk perawatan kaki pada Penyakit Diabetes adalah mencegah terjadinya luka pada kaki. Jika anda memiliki luka, dokter andalan yang pertama-tama harus menilai apakah luka itu terjadi karena kerusakan saraf atau berkurangnya pasokan darah atau infeksi. Ini karena setiap faktor yang berkontribusi membutuhkan jenis perawatan yang berbeda.

  • Penanganan kerusakan saraf

Kebanyakan orang yang mengidap diabetes dan memiliki masalah kaki cenderung mengalami rasa sakit, menurunnya sensasi atau rasa kebas pada kaki. Akan tetapi, perkembangan kerusakan saraf bisa sangat lambat sehingga anda mungkin tidak menyadari gejal-gejalanya. Kadang kala rasa sakit mungkin tidak ada dan karenanya perkembangan luka mungkin tidak teramati pada tahap-tahap awal. Maka, ketiadaan gejala kerusakan saraf bukan berarti tidak ada kerusakan. Inilah sebabnya dokter anda pertama-tama akan memeriksa kaki anda dengan seksama, terutama pada area di mana ada pertambahan tumpuan beban seperti pada tumit, bagian bawah telapak kaki, pada bagian bawah jari kaki, dan lain-lain. Kerusakan saraf pada kaki mungkin menyebabkan tanda-tanda seperti luka tersembunyi di bawah kulit yang mengeras, kulit kering yang hangat, vena pada kulit yang membesar, dan sensasi rasa yang berkurang.

Biasanya, uji laboratorium tidak direkomendasikan untuk diagnosis dan penanganan saraf yang rusak pada kaki. Kadang kala, beberapa tes mungkin dibutuhkan. Hal ini mencakup : (a) sensasi sentuhan ringan, (b) kepekaan terhadap suhu, (c) sensasi getaran, dan (d) efisiensi saraf untuk mengirimkan pesan ke dan dari otak, juga, dokter kemungkinan besar akan memastikan bahwa alas itu pas di kaki anda. Karena, alas kaki tang kurang pas juga bisa menyebabkan luka pada kaki.

images (16)

Menangani Kaki Diabetes kebanyakan luka yang disebabkan oleh kerusakan saraf bisa sembuh secara memuaskan dengan cara-cara sederhana. Dokter anda akan menganjurkan anda untuk tidak memberikan tekanan pada bagian kaki yang sakit. Jika anda tidak bisa mengistirahatkan kaki dan menghindari pemberian tekanan, dokter anda mungkin akan merekomendasikan pemakaian gips atau sepatu bot yang dapat dilepas yang dapat melindungi kaki bagaikan gips. Penting bagi anda untuk menjalani  pemeriksaan secara rutin demi memastikan bahwa lukanya sembuh. Ini karena gips yang tidak dipasang dengan benar bisa menyebabkan kerusakan yang lebih jauh pada kaki.

Beberapa praktisi medis merekomendasiakan pemakaian pelembab untuk mempercepat kesembuhan, sedangkan sebagaian yang lain pervaya bahwa memindahkan tumpuan dari kaki yang sakit dan memastikan peredaran darah yang cukup sudah memadai untuk menyembuhkan borok  secara memuaskan.

  • Penanganan Terhadap kurangnya pasokan darah

Kurangnya pasokan darah ke kaki dan tungkai bisa menyebabkan gejala seperti rasa lemah pada tungkai dan rasa sakit mirip kram pada otot betis, paha, atau pantat, rasa sakit pada kaki selama istirahat , yang sering kali memburuk pada malam hari, dan sebagainya. Gejala-gejala ini bisa jadi sangat ringan sehingga anda mungkin mengabaikannya. Kurangnya pasokan darah bisa mengarah pada tanda-tanda, seperti kaki yang dingin, rontoknya bulu-bulu kaki, dan menebalnya kuku. Dokter anda mungkin akan kesulitan mendeteksi denyut nadi pada kaki atau tungkai.

Dalam rangka membuat diagnosis yang akurat merawat anda dengan cara yang paling cocok, dokter anda mungkin menyarankan dilakukannya tes laboratorium seperti dop pler ultrasound studies pada arteri kaki dan tungkai. Doppler ultrasound studies adalah suatu teknik dimana frekuensi gelombang suara yang sangat tinggi digunakan untuk mempelajari perilaku dari struktur tubuh yang bergerak, seperti darah atau katup jantung. Jenis gelombang ultrasonik yang dipantulkan dari permukaan yang bergerak berbeda dari yang dipantulkan oleh permukaan lain.

Jika dokter anda menduga kurangnya pasokan darah yang parah atau jika Doppler ultrasound studies menunjukan adanya ketidaknormalan, dokter akan mungkin menganjurkan pelaksanaan arteriography pada kaki. Dalam prosedur ini, suatu substansi kimia yang bisa terlihat pada sinar-x disuntikkan pada arteri kaki, lalu diambillah serangkaian gambar. Tes ini sering kali digunakan untuk mendeteksi penyumbatan pada arteri yang mungkin bisa dipindahkan dengan menggunakan suatu balon yang dilekatkan pada ujung jari pipa. Pipa ini disisipkan pada arteri tersebut dan balonnya ditiup pada lokasi penyumbatan. Dengan demikian aliran darah kembali normal. Jika pasokan darah sangat minim, pembedahan kiranya dibutuhkan untuk memotong sumbatan pada arteri kaki dan karenanya mengurangi resiko amputasi.

  • Penanganan Infeksi pada borok kaki akibat diabetes?

Kerap kali sulit untuk menentukan tingkat keparahan infeksi borok pada kaki akibat Penyakit Diabetes, juga sulit untuk menentukan apakah infeksinya telah sampai ke struktur kaki yang lebih dalam,termasuk tulang. Biasaya infeksi yang menyertai cedera kulit mengarah pada warna kulit yang memerah. Rasa sakit dan sakit bila disentuh.Namun gejala-gejala ini bisa saja tidak terjadi pada diabetes, terutama jika ada kerusakan saraf kaki yang terkait denagn penyakit ini. Karenanya, dokter anda kemungkinan akan “menggali” ke area kaki yang lebih dalam untuk mendeteksi infeksi pada bagian bagian yang lebih dalam, terutama tulang, jika ada. Ia juga akan mencari infeksi yang disebabkan bakteri yang menyebabkan terbentuknya gas pada bagian kaki yang terkena. Adanya gas pada jaringan-jaringan ini menunjukkan infeksi dalam yang mungkin sulit dikendalikan.

Sinar-x sering kali diperlukan untuk menentukan apakah tulang kaki yang juga terkena tau tidak. Dokter anda juga mungkin mengumpulkan jaringan dari kaki yang sakit dan mnegirimnya untuk diperiksa kepekaan kulturnya (culture sensitivity). Ini berarti bakteri dari jaringan kaki anda pertama-tama akan diisolasi lalu dikembangbiakkan pada medium buatan di laboratorium. Tes akan dilakukan untuk mengidentifikasi antibiotik yang paling efektif.

Kebanyakan orang yang terkena infeksi kaki akibat diabetes membutuhkan perawatan di rumah sakit, terutama jika tulangnya karena atau terjadi pembentukan abses.Menangani Kaki Diabetes Ini karena, untuk mengontrol diabetes, suntikan insulin mungkin dibutuhkan dalm dosis yang relatif tinggi. Selain itu, pemberian infus berupa kombinasi antibiotik acap kali dibutuhkan mengontrol infeksinya.

Pilihan perawatan berbeda bagi infeksi ringan dan infeksi dalam. Biasanya, antibiotik dideteksi hanya seteslah pelaksaanaan uji kepekaan kultur. Borok ringan bisa dirawat dengan antibiotik  oral seperti amoksisilin klavulanat atau siprofloksasin denag klindamisin. Obat-obatan oral mungkin perlu dikonsumsi selama beberapa minggu untuk mengontrol infeksinya secara efektif. Infeksi dalam juga diobati dengan antibiotik yang awalnya diberikan melalui infus, lalu dieberikan sebagai obat-obatan oral selama beberapa minggu, kadang kala bahkan sampai 12 minggu.

Penanganan gangrene di kaki

Matinya jaringan kaki, baik pada bagian maupun seluruh kaki, mudah diagnosis. Namun uji-uji yang terinci diperlukan untuk mempelajari jumlah dan sejauh mana sirkulasi darah pada kaki dan tungkai. Perbaikan pada bagian pembuluh darah yang terkena sering kali direkomendasikan bagi borok tingkat 4. Perbaikan ini dapat dialakukan baik melalui angioplasty atau pembedahan Bypass. Angioplasty adalah suatu prosedur diaman sumbatan-sumbatan arteri dibuang melalui “pipa” yang diselipkan ke dalam arteri. Pembedahan bypass adalah suatu prosedur dimana bagian arteri yang sehat, yang tepat berada di atas sumbatan, dihubungkan dengan pertolongan pembuluh darah yang lain ke arteri yang tepat dibawah sumbatan. Karenanya aliran darah dikembalikan melalui bypass. Sebagai tambahan terdapat perwatan melalui pembedahan bagian arteri yang rusak, antibiotik yang sesuai direkomendasikan untuk mengendalikan infeksinya.

Orang yang mengalami Gangrene atau rasa sakit di kaki pada saat beristirahat biasanya mmebutuhkan pembedahan untuk membuang bagian yang sakit. Pada kasus gengrene di seluruh


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gula and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>