Pencegahan Penyakit Gula

Pencegahan Penyakit Gula – Penyakit gula adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh.

fdfa

Pencegahan Penyakit Gula

Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.Tingkat gula darah diatur melalui umpan balik negatif untuk mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh. Level glukosa di dalam darah dimonitor oleh pankreas. Bila konsentrasi glukosa menurun, karena dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, pankreas melepaskan glukagon, hormon yang menargetkan sel-sel di lever (hati). Kemudian sel-sel ini mengubah glikogen menjadi glukosa (proses ini disebut glikogenolisis). Glukosa dilepaskan ke dalam aliran darah, hingga meningkatkan level gula darah. Apabila level gula darah tinggi hipertensi meningkat, entah karena perubahan glikogen, atau karena pencernaan makanan, hormon yang lain dilepaskan dari butir-butir sel yang terdapat di dalam pankreas. Hormon ini, yang disebut insulin, menyebabkan hati mengubah lebih banyak glukosa menjadi glikogen. Proses ini disebut glikogenosis), yang mengurangi level gula darah. Diabetes mellitus tipe 1 disebabkan oleh tidak cukup atau tidak dihasilkannya insulin, sementara tipe 2 disebabkan oleh respon yang tidak memadai terhadap insulin yang dilepaskan “resistensi insulin”. Kedua jenis diabetes ini mengakibatkan terlalu banyaknya glukosa yang terdapat di dalam darah.

Gejala Penyakit Gula

Gejala penyakit gula bisa kita lihat dari ciri-ciri sebagai berikut ini:

  1. Keseringan Kencing Atau Buang Air

Jika kita sering sekali buang air kecil atau kencing, maka bisa jadi kita terkena penyakit gula. Periksalah kedokter untuk memastikan apakah tubuh kita terkena serangan diabetes.

  1. Jika terkena luka, mudah membusuk

Luka juga banyak sekali jenisnya, tapi saya akan ambil contoh misalnya digigit nyamuk. Luka akibat nyamuk bagi penderita diabetes akan sulit sembuh. Biasanya cenderung membusuk dan bernanah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus menjaga agar tubuh tidak terluka akibat apapun.

  1. Nafsu Makan Yang Tinggi

Ketika diabetes menyerah tubuh, maka nafsu makan kamu juga akan meningkat. Ciri ini biasanya diawali dengan kamu suka ngemil atau makan nasi terlalu banyak. Kamu harus berhati-hati terhadap gejala awal ini.

  1. Badan Mudah Lemes

Jika melakukan aktivitas, badan kamu akan terasa lemes dan bawaannya ingin tidur terus. Jika sudah mengalami tingkat kelemesan yang luar biasa, maka kamu wajib memeriksakan diri ke dokter agar kamu mengetahui menderita penyakit apa.

  1. Badan Jadi Kurus dan Kerempeng

Pencegahan penyakit gula dengan memastikan nafsu makan kamu tinggi, namun tidak membuat badan kamu menjadi gemuk. Jika sudah terkena penyakit diabetes, maka badan kamu akan kurus kerempeng dan mudah sakit. Jika sudah begini, kamu harus berhati-hati terhadap penyakit komplikasi.

  1. Mudah lelah

Faktor lain yang menjadi ciri penyakit gula adalah tubuh akan terasa mudah lelah. Kelelahan bisa terjadi karena tubuh kehilangan hormon yang terlalu banyak akibat gula darah meningkat. Jika sudah terjadi gejala seperti ini, sebaiknya kamu memperbanyak olahraga. Setidaknya 30 menit sehari.

Pencegahan Penyakit Gula

Penyakit kencing manis atau gula darah dapat dicegah dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengatur asupan gula yang kita konsumsi setiap hari. Namun, sebaiknya menggunakan beberapa faktor yang dapat mengurangi penyakit ini sebagai berikut:

  1. Kurangi Asupan Gula Pada Makanan

Perhatikan makanan yang mengandung gula, ternyata gula menjadi faktor utama dari penyakit kencing manis ini. Kamu dapat menurunkan gula dalam tubuh dengan tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

  1. Makan Sayuran Sebanyak Mungkin

Sayuran banyak sekali mengandung manfaat yang baik bagi tubuh. Terutama untuk mencegah kencing manis ini. Sayuran yang baik adalah yang berasal dari alam dan tentunya lebih fresh. Contoh sayuran yang baik bagi penderita diabetes adalah Tomat, Wortel, Buncis, dan Pare.

  1. Olahraga Teratur

Pencegahan penyakit gula dengan usahakan kamu bisa melakukan olahraga secara rutin, misalnya seperti berlari, bersepeda, berenang dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu menyisakan waktu 30 menit untuk olahraga. Hal ini diperlukan agar metabolisme dalam tubuh terjaga dan semakin banyak keringat yang keluar, maka semakin baik bagi tubuh.

  1. Pemeriksaan gula darah Ke dokter Secara Rutin

Pencegahan penyakit gula untuk mengetahui kadar gula dalam tubuh, kamu harus rutin memeriksakan ke dokter. Hal ini untuk mengantisipasi asupan makanan yang kamu makan. Jika gula sudah lebih dari normal, maka kamu perlu obat khusus yang berasal dari dokter. Pencegahan penyakit gula bisa kita lakukan dengan cara-cara sederhana seperti yang saya sebutkan tadi. Tapi sebaiknya yang paling penting adalah kamu harus tetap menjaga asupan makanan yang mengandung gula.

Makanan Penyebab Penyakit Gula

Banyak makanan yang ternyata juga sebagai dalam timbulnya penyakit gula ini. Seperti yang saya bilang, kadar gula yang terkandung dalam makanan instan biasanya lebih tinggi, sehingga jangan sering memakan makanan yang manis. Sebagai berikut jenis makanannya:

  • Eskrim
  • Coklat
  • Permen karet
  • Minuman instan seperti teh kotak
  • Gorengan
  • Kopi

Pencegahan Penyakit Gula


=====================================

>>> Obat Penyakit Gula Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gula. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *